Minggu, 15 Desember 2013

Vanilla Panna Cotta with Strawberry Gelee



Vanilla Panna Cotta ini gue buat untuk function Annual Dinner salah satu perusahaan. Sebenernya gue agak kurang puas sama hasilnya. Karena kebodohan gw yang gak sabaran, gue nambahin beberapa gram gelatine. Hasilnya lebih padat dari yang gue mau. Meskipun itungannya masih soft juga. Cuma tetep aja. Daaaaan, karena gue kekurangan stroberi, jadinya stroberi gelee-nya kurang banyak per setiap gelas, lain kali gue akan buat perbandingan antara panna cotta dan gelee - nya 1 :  1 bukan 2 : 1


Berikut resep vanilla Panna Cotta. Resep ini gue dapet dari temen gue, Agus. 

250 ml fresh milk
750 ml whipping cream
120 gr gula pasir (menurut gue kurang manis pada saat dingin)
20gr gelatine bubuk, larutkan dengan 60ml air hangat
Vanilla essence (gue pakai jansen,bagusnya sih pakai vanilla stick)

Cara Membuat :
1. Panaskan susu,cream dan gula pasir. Aduk hingga gula larut.
2. Tambahkan vanilla essence, aduk rata. Jika susu sudah hangat, angkat dari kompor.
3. Tuang gelatine yang sudah larut ke campuran susu, aduk rata. Lalu tuang ke cetakan. Simpan di chiller hingga dingin.


Untuk resep strawberry gelee gw mengarang indah. Berikut resepnya :
500gr fresh strawberry
50 ml lemon juice siap pakai
250ml air matang
75gr gula pasir
3pcs lemon,ambil juicenya
16gr gelatine, larutkan dengan 50ml air hangat
200gr diced strawberry

Cara Membuat :
1. Blender buah stroberi,air dan lemon juice siap pakai hingga halus.
2. Campurkan stroberi jus dengan lemon juice dari lemon segar.
3, panaskan stroberi juice dan gula pasir hingga gula larut dan panas, angkat. Dinginkan.
4. Setelah agak dingin, campur dengan larutan gelatine. Aduk hingga merata. Tuang ke atas vanilla panna cotta. Dinginkan.

Untuk hiasannya tadinya gue agak bingung. Tadinya cuma mau Chantily cream dan stroberi aja. Cuma di menit terakhir gue kepikiran buat hiasan dari cokelat compound putih. Dan garnishnya selesai tepat waktu :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar