Senin, 13 Januari 2014

Apple Pie with Toffee Sauce & Vanilla Ice Cream


Apple pie ini baunya harum banget, apalagi pas keluar dari oven. Karena gw vanilla essens kualitas bagus, jansen.

Sebenernya apple pie ini enak banget. Cuma karena gw udah 'eneg' banget bikin  ini, jadinya males nyolek2. Bikinnya lama,ribet,repot tapi makannya tinggal haaap. Selesai. Nyebelin yaaah.wkwkkwkw

Untuk pie crustnya gw pake resep dari temen gw, fred. Ga pake telur sama sekali. Jadinya lembut banget. Berikut resepnya.

Pie Crust :

400gr butter
100gr margarine (gw biasa bikin fulk butter,margarine di skip)
175gr gula bubuk
750gr terigu
1 sdt vanila esens

Cara Membuat : 
1. Kocok butter,margarine dan gula halus hingga menyatu. Kocok terus butter hingga mengembang 2x dan berwarna pucat.
2. Tambahkan vanila esen.
3. Masukkan terigu, aduk cepat hingga rata. jangan terlalu lama agar adonan tidak keras.
4. Simpan di kulkas minimal 30 menit. Adonan pie siap digunakan.

Sekarang buat fillingnya. Jujur aja gw udah ga pernah nimbang2 lagi. Semua berdasarkan feeling sama lidah gw aja. Kalo udah oke ya udah. Gw pake rumus kira2 aja ya untuk tulis resepnya

Apple Pie Filling :

100gr butter
2 kg apple malang hijau (cari yang ukuran besar biar ga cape ngupasnya)
200gr raisin
350gr brown sugar
5 whole lemon local 
15gr cinnamon powder
40 gr maizena
40gr air

Semua resep diatas dapat ditambah Atau dikurangi sesuai selera

Cara Membuat :
1. Kupas kulit apel, potong 4 bagian, Lalu iris tipis2. Jangan lupa rendam di air
2. Siapkan wajan. Lelehkan butter. Masukkan Potongan apel, aduk rata.
3. Masukkan raisin, aduk rata.


4. Masukkan brown sugar,cinnamon powder dan lemon juice. Aduk hingga merata. Jika warna kurang cokelat tambahkan brown sugar lagi.


5. Campur maizena dan air, tuang ke dalam waja. Aduk hingga merata. Tujuan dari menambahkan maizena  untuk 'mengeringkan' air berlebih pada saat memasukkan apel yang sudah direndam air. 
6. Pastikan apel filling tidak terlalu layu,karena masih ada proses pemanggangan yang akan mematangkan apel.

Bahan Olesan :
1 pc telur utuh
30 ml susu cair
Pinch of salt

Penyelesaian :
1. Siapkan meja. Alasi dengan plastik wrap atau plastik lebar.
2. Ambil 2 lembar plastik KGan ukuran 2kg. Potong hingga lebar. Plastik ini sebagai alas adonan agar mudah memindahkan ke wadah.
3. Olesi wadah yang akan digunakan dengan butter.
4. Gilas adonan, jangan terlalu tipis,pindahkan ke wadah.
5. Isi dengan pie filling, tutup lagi dengan adonan
6. Panggang dengan suhu 150C-160C selama kurang lebih 30 menit.
7. Setelah 15 menit pertama, olesi dengan bahan olesan, panggang lagi hingga matang.


Untuk atoffe sauce resepnya gw agak lupa. Nanti akangw cek di buku resep gw.

Toffee Sauce :

500gr brown sugar
600gr butter
500ml whipping cream

Cara Membuat :
1. Buat caramel, siapkan panci,tuang brown sugar, panaskan dengan api kecil. Diamkan hingga setengah meleleh.
2. Masukkan butter,biarkan meleleh.
3. Aduk campuran gula dan butter sampai butter tercampur dengan gula dan tidak ada butter cair yang terpisah.
3. Masukkan whipping cream cair, aduk hingga menyatu. Angakt, dinginkan.

Note :

** toffee sauce ini favorit gw bangeeett :p cocok banget dimakan sama eskrim vanilla. KLo lagi iseng gw suka buat es krim mix. Vanila ice cream, baked sliced almond,diced strawberry dan toffee sauce, semua diaduk rata lalu diamkan di freezer min 30 menit. Rasanya.,,heavenly...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar