Senin, 13 Januari 2014

Carrot Cupcakes with Cream Cheese Frosting


Carrot cupcakes ini bikinnya udah lamaaa banget. Cuma berhubung gw lagi sibuk banget jadi belum sempet untuk posting ini.

Resep carrot cupcakes ini gw dapet dari temen gw, modelnya sponge cake yg ditambah carrot,nuts, and dried fruit. Meskipun semua orang deket gw suka sama cupcakes ini dan bilang rasanya endes banget,heavenly. Tetep aja gue ga doyan. Rasanya aneh menurut gw. Gw emang bukan pecinta carrot cake.

Resepnya gue agak lupa,nanti akan gw cek lagi. Karena buku resepnya gw tinggal di tempat kerja.

Carrot Cupcakes :

225gr telur utuh
150gr gula pasir
75gr brown sugar
5gr emulsifier
250gr terigu
5gr baking powder
200gr wortel,parut kasar
75gr nuts (gw pake almond dan cashew)
75gr dried fruits (gw pake raisin)
5gr cinnamon powder (gw skip)
150gr melted butter
75ml minyak

Cara Membuat :
1. Kocok telur,gula pasir,brown sugar dan emulsifier hingga mengembang.
2. Campur semua bahan kering, masukkan ke dalam adonan telur.
3. Campur melted butter dan minyak ke adonan telur. Aduk hingga merata.
4. Tuang adonan ke cupcase atau loyang jika ingin dijadikan cake.


5. Panggang dengan suhu 180C selama 10-15 menit. Pada saat pemanggangan, cake akan terlihat sangat cokelat atau seperti hampir gosong? Tutupi permukaannya dengan alumunium foil, lanjutkan panggang hingga matang.


Sekarang saatnya untuk buat frosting. Resep dibawah ini menggunakan campuran butter asli dan cream cheese. Untuk versi ekonomis butter bisa diganti dengan shortening kualitas baik. Misalnya merrywhip.atau buttercream siap pakai kualitas baik seperti hollman buttercream mix.

Cream Cheese Frosting :

 300gr cream cheese
300gr butter
200gr icing sugar
2-3 whole lemon lokal 
Pinch of salt

Cara Membuat :

1. Kocok cream cheese dan gula halus hingga lembut Dan tercampur rata.
2. Masukkan butter, kocok hingga tercampur rata dengan cream cheese dan mengembang 2x.
3. Tambahkan lemon dan garam. Jika kurang asam, tambahkan lemon.


Note :
** fungsi garam pada resep ini adalah untuk menonjolkan rasa cream cheese yang sudah bercampur dengan butter.
** fungsi lemon selain untuk memberikan rasa segar pada cream cheese juga sebagai pengawet (hasil trial gw). Frosting dapat bertahan hingga 1 bulan di dalam chiller. Akan lebih awet kalau di simpan di freezer, thawing pada saat akan digunakan.


1 komentar:

  1. Salam kenal. Mbak cupnya dimeter berapa ya? Dan jadinya berapa banyak?mksh

    BalasHapus