Selasa, 14 Januari 2014

Rainbow Cake with Edible


Minggu lalu temen kuliah gw, neng jenny from the block bbm gw. Tumbeeen. Ternyata anaknya mau ultah. Karena dia repot jadinya minta tolong gue untuk bikin cake ultah.

Sesuai pesanannya, dia request rainbow cake kukus 30x30cm pakai edible image tema barney,krimnya putih aja dan pakai sedikit sprinkle biar ga pucat Dan gw tawarin cream cheese frosting. Cuma berhubung rumahnya jauh dan gw ngeri krimnya leleh selama perjalanan, akhirnya gw tawarin untuk campur dengan butter cream agar kokoh

Seperti biasa gw pakai resep andalan gw. Sempet mikir, minyaknya tetep dipakai apa ganti susu cair yaaa? Akhirnya gw pake melted butter :p . karena rainbow terdiri dari 6 warna maka gw memutuskan untuk bikin 3 resep. 1resep 2 warna. 2 warna per layer. Jadi gw cukup pakai 3loyang saja. Ga terlalu repot kan jadinya.

Vanilla Sponge Cake :
7 pcs telur utuh
175gr gula pasir
5gr emulsifier
210gr terigu
2 gr baking powder
100gr melted butter
1/2 sdt Esen vanilla susu
Pewarna mejikuhibiu @ 3- 6 tetes

Cara Membuat :
1. Kocok telur,gula dan emulsifier hingga mengembang dan kaku.
2. Masukkan tepung terigu dan baking powder.
3. Tambahkan vanilla esen.
4, masukkan melted butter, aduk rata
5. Bagi adonan menjadi 2 bagian, beri masing2 bagian beberapa tetes pewarna.
6. Kukus 1 bagian selama 10 menit, tuangi dengan warna lain. Kukus lagi hingga matang.
7. Ulangi hingga semua warna selesai.
8. Dinginkan


Untuk resep cream cheese frosting ini gw menggunakan campuran butter cream mix dari hollman, dan karena gw lupa beli lemon impor terpaksa gw pake lemon lokal. Daaaan, ga tw kenapa frosting ini ga mau asem2. Memang sih lidah gw lagi error, makanya gw brenti sampai di lemon ke 8 sebelum rasa creamnya makin ga karuan.

Cream Cheese Frosting :

800 gr cream cheese
500gr butter cream mix hollman
50gr icing sugar
8 whole lemon local
Pinch of salt

Cara Membuat :

1. Kocok cream cheese dan gula halus hingga lembut dan halus.
2. Masukkan hollman bc mix, kocok hingha mengembang 2x
3. Masukkan lemon juice dan garam, aduk hingga merata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar